Berita

Tanam Padi Perdana IP Padi 400 di Kabupaten Bantul

Rabu Pon, 16 Februari 2022 14:35 WIB 143

foto
Bupati Bantul Berikan Sambutan dalam acara Tanam Pada Perdana IP Padi 400

Hari ini, Rabu tanggal 16 Februari 2022 Kepala DPUPKP Kabupaten Bantul menghadiri acara Tanam Perdana IP Padi 400 Bantul oleh Menteri Pertanian di Bulak Serut Prenggan, Kalurahan Palbapang, Kapanewon. Sebagai leading sector agenda tersebut adalah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul.

 

Hadir dalam acara tersebut Bupati Bantul Bpk. Abdul Halim Muslih, Menteri Pertanian dalam hal ini diwakii oleh Kepala Balai Besar Peramalan OPT (Organisme Penganggu Tanaman) Jatisari Kerawang beliau Ibu Dr. Ir. Enie Tauruslina Amarullah, MT., Bapak Gubernur DIY diwakili oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY. Dalam Sambutannya Bupati Bantul menyampaikan dengan dilaunchingnya tanam padi IP 400 untuk Kabupaten Bantul direncanakan seluas 5.000 Ha diharapkan produktifitasnya  dapat menopang ketahanan pangan, karena sektor pertanian pada masa pandemi yang sudah berjalan selama 2 tahun menunjukkan bahwa PDRB sektor pertanian pertumbuhannya dapat bertahan berkisar  4%, sedangkan PDRB sektor-sektor yang lainnya cenderung mengalami penurunan bahkan mencapai angka negatif.

 

Ibu Enie selaku wakil dari Menteri  Pertanian dalam sambutannya mengharapkan bahwa dengan lahan pertanian yang terbatas karena laju alih fungsi lahan sangat cepat, serta tersedianya benih padi Super Genjah didukung dengan alsintan, kecukupan pupuk dan kecukupan air irigasi, diharapkan produktifitas hasil panen bisa mencapai 6 ton/Ha sehingga dapat untuk menjaga ketahanan pangan Kabupaten Bantul. Selain hal tersebut diharapkan digalakkan program integrated farming yang sesuai dengan ekosistem di wilayah masing-masing guna mendukung rencana Bantul sebagai Food Esatate.

 

Dinas PUPKP harus berupaya mendukung pemenuhan kecukupan air irigasi dengan  pembangunan, peningkatan, rehabilitasi serta operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi yang terpadu, bersinergi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta stakeholder terkait.

 

Acara tersebut diakhiri dengan penanaman secara simbolis oleh Bupati Bantul, Kepala Balai Besar Peramalan OPT Jatisari Kerawang dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY dengan mesin tanam.